Breaking

Monday, June 19, 2017

Refleksi Ramadhan


Jejari10.com Meskipun  Ramadan akan segera berakhir dalam beberapa hari, namun belum terlambat untuk melakukan evaluasi diri dan berkaca agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik di hari kemenangan nanti.
Dengan pemikiran ini, kita bisa menyoroti pentingnya refleksi diri selama bulan Ramadan karena meskipun manusia sering melakukan kesalahan, penting juga untuk bertindak terhadapnya.
Berikut adalah beberapa hal positif yang harus kita fokus kan pada Ramadan ini yang dilansir dari laman Ummahsonic.
1. Pikiran Positif
Selama bulan suci, sering kali kita tergoda emosi akibat hal-hal negatif yang orang lain lakukan misalnya orang yang makan di tempat umum, menyetir ugal-ugalan atau tidak mau mengantri. Hal tersebut merupakan ha
Apabila kita masih mudah terpancing emosi, cobalah untuk berpikir positif, karena itu akan memungkinkan kita untuk merenungkan apa yang sebenarnya makna Ramadan bagi diri kita.
2. Tindakan Anda Sendiri
Terkadang kita tidak sadar melakukan sesuatu hal yang menyinggung perasaan orang lain, misalnya dengan mengunggah foto atau tulisan di media sosial yang menyinggung perasaan orang lain.
Bulan Ramadan ini bisa dijadikan momen refleksi diri apakah kita sudah bisa menjaga setiap perbuatan kita untuk tidak menyakiti perasaan orang lain.
3. Mengidentifikasi Kawasan Peningkatan Diri Sendiri
Setiap Ramadan, penting bagi kita untuk merenungkan usaha yang telah kita perbaiki selama ini. Sudahkah kita membawa mereka sepanjang tahun, dan apa hal-hal yang membuat usaha ini menjadi tantangan? Langkah-langkah untuk memperbaiki diri tidak harus besar, misalnya kita tidak harus berjanji untuk membaca 150 halaman Alquran sehari. Namun kita bisa memulai dari kebiasaan kecil.
Kebiasaan buruk apa yang Anda miliki dengan mudah? Pikirkan tidak bersumpah, bersyukur atas apa yang anda miliki, memanfaatkan sebagian waktu luang Anda. Yang terpenting, cobalah untuk membawa nilai-nilai ini bersama Anda melampaui bulan Ramadan.

(Liputan6.com)

No comments:

Post a Comment